Selasa, 22 Februari 2011

The Recording Process - Chapter 2

Di Chapter 1 sebelumnya kita sudah melakukan analisis transaksi bisnis dalam bentuk persamaan akuntansi (basic accounting equation) dan mencatat efek dari setiap transaksi tersebut ke dalam tabular form. Sangat mudah kan...

Tapi bayangkan bagaimana jika sebuah perusahaan jasa yang besar seperti Rumah Sakit menggunakan format tabular untuk mencatat ribuan transaksinya, per hari, per bulan, per tahun, dst..??? Wow, sungguh sangat tidak praktis, mahal, dan ga penting banget d!!

Nah, supaya lebih mudah dan simple dalam pencatatnnya, maka perusahaan perlu menggunakan seperangkat prosedur yang dimulai dari penciptaan akun, pencatatan transaksi ke dalam jurnal, ledger (buku besar akun), posting (proses perpindahan jurnal ke ledger), sampai kepada penyusunan neraca saldo (trial balance). Prosedur yang dipelajari di Ch 2 ini merupakan sbegaian besar dari rangkaian siklus akuntansi yang ada.

11 komentar:

  1. chapter 2 ini,pembelajaran nya tidak terlalu rumit,tapi saya tidak bisa menguasai sepenuh nya dlam akun posting(proses perpindaha jurnal ke ledger) sya mengalami kesulitan beda halnya dengan chapter sebelum nya.

    BalasHapus
  2. pertemuan kelas pembahasan chapter 2 kemarin aku telat masuknya.. jadi ngga begitu banyak nguasain materi dari awal, tapi bisalah dikit2 masih inget sama AP I. Lumayan bisa ngerjain tugasnya mulai dari general journal - general ledger - trial balance alhamdullilah bener semua :)

    BalasHapus
  3. Buat Arsyah, sang ketua kelas, kalo kamu belum bisa menguasai ch 2 dengan sepenuhnya, jangan segan untuk bertanya sebanyak2nya selama pertemuan di kelas,& jangan lagi menumpuk kebingungan sebelum chapternya semakin banyak...pengen LULUS kan??? dan sesuai kesepakatan kita, saya menyediakan waktu untuk kalian main ke ruangan saya untuk sekedar berkunjung atau ngobrol apa aja, dan utamanya konsultasi mata kuliah....OK ..cheers

    BalasHapus
  4. Buat andrie, good job!! usaha yang bagus, tapi jangan sering2 telat, nanti ketinggalan lagi...OK...cheers..

    BalasHapus
  5. assalamualaikaum ibu.alhhamdulillah saya bisa mengerjaakaan chaptr 2 tp saya masih bingung dalam memberi nama akun masing2 akunya,dibantu yaa bu

    BalasHapus
  6. alhamdulillah di ch.2 ini saya masih bisa memahami pelajarannya..
    Namun saya masih agak kesulitan dalam mencerna soal yang rata-rata menggunakan bahasa inggris.. :)

    BalasHapus
  7. ibu lely allhamdullillah di chapter 2 saya memahami pelajarannya, dengan pengajaran ibu yang sabar dan dibantu oleh andrie dan oki saya sangat terbantu. semoga di chapter slanjutnya dapat terus memahami materi yg ibu berikan.

    BalasHapus
  8. ibu lely puji tuhan di cahpter 2 ini saya bisa memahami dan mengikuti pelajaran ibu dengan baik semoga di chapter berikutnya saya bisa memahami dan mengikuti pelajar dengan baik.

    BalasHapus
  9. di pertemuan minggu kemarin saya udah mulai ngerti mengerjakan general jurnal, ledger, dan trial balance, semoga di chapter berikutnya bisa lancar. kalo ibu yang ngajar jadi paham !

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus